Terapi Sentuhan yang Menyembuhkan (Healing Touch)


Disusun oleh :
Perdana Akhmad,S.Psi 
(Master Quranic Healing Theraphy)


Bagaimanapun sebagai seorang muslim kita yakin dan percaya bahwa kesembuhan hanyalah milik-Nya. Peran dokter sebagai penyebabnya, tersurat pada dialog antara Ibrahim AS. dengan Allah.

Pada suatu saat ia bertanya kepada Allah.”Wahai Tuhanku! Dari manakah asalnya penyakit?” Allah menjawab,”Dari Aku.” Ibrahim AS. bertanya lagi, “Dari manakah datangnya obat?” Allah menjawab, “Dari Aku.” Ibrahim as masih bertanya ,”Jika demikian, apa peran dokter?” Allah menjawab, “Dia adalah orang yang aku kirim dan di tangannya terletak penyebab kesembuhan. (Ibn Al-Qaiyim Al Jauziah (penterjemah H.M.A. Saaridinata): Pengobatan Menurut Petunjuk Nabi. Gemagung Ikhitiati, 2002, hal 2.

Salah satu metode Pengobatan Qur’ani adalah terapi sentuhan atau yang dikenal dengan Healing Touch. Terapi ini merupakan bentuk penyembuhan yang menggunakan tangan yang langsung menyentuh kulit dalam mengobati beragam penyakit dalam tubuh. Kulit adalah organ terkuat yang dapat menerima rangsangan pada tubuh manusia, dan ketika reseptor sensoriknya dirangsang, hormon oksitoksin (yang membuat anda merasa lebih baik) dilepaskan. Dan pada saat yang bersamaan kortisol (hormon stress) berkurang. Hal inilah yang menyebabkan mengapa sentuhan memiliki kekuatan yang menyembuhkan.
Sentuhan tangan pada pengobatan Quranic Healing mengkombinasikan antara sentuhan tangan dengan menggunakan gelombang suara  yang dapat mempengaruhi  getaran sistem tubuh, khususnya pada organ yang tidak normal. Organ ini akan merespon suara tertentu untuk mengembalikan sistem getarannya yang orisinal, atau dengan kata lain, mengembalikan kondisi kesehatannya. Sebagaimana pada penjelasan kami sebelumnya pada Bab II dijelaskan bahwa sel-sel tiap organ tubuh bergetar dalam frekuensi tertentu, dan membentuk sistem yang kompleks dan koordinatif, yang dapat terpengaruh oleh suara di sekitarnya. Penyakit yang menjangkiti suatu organ tubuh itu dapat mengakibatkan perubahan pada getaran sel-sel organ tersebut, dan pada kelanjutannya membuatnya menyimpang dari sistem tubuh secara umum yang dapat dikembalikan getaran orisinalnya dengan gelombang suara Ilahiyah ( membaca Al-Qur’an dan doa-doa yang disyari’ahkan).

Sejarah Islamic Healing Touch

Sesungguhnya Healing Touch sudah dikenal dan diajarkan dari zaman Rasulullah. Diriwayatkan dari ‘Utsman ibn Abi al-‘Ash ats-Tsaqafi ia berkata,”Aku telah datang kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengadukan sebuah penyakit yang hampir saja membinasakanku. Maka beliau berkata kepadaku, ”letakkanlah tanganmu di atas bagian tubuhmu yang sakit, lalu bacakanlah:
بِاسْمِ اللهِ(7×)أَعُوْذُبِاللهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّمَاأَجِدُوَاُحَاذِرُ
“Dengan nama Allah (7kali) aku berlindung kepada Allah dan kodrat-Nya dari kejahatan berbagai penyakit, baik penyakit yang sedang menimpaku maupun yang akan datang.”
‘Utsman ibn Abi al-Ash melanjutkan, ”Maka aku amalkan petunjuk Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tersebut sehingga Allah SWT menghilangkan penyakit itu dariku.”
Pada hadits lain Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa melakukan Healing Touch dibarengi dengan doa bagi para shahabatnya ketika ada yang sakit. Diriwayatkan dari ‘Aisyah ra berkata : “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam apabila ada orang sakit diantara kami, beliau menyentuhnya dengan tangan kanannya, kemudian beliau berdoa : Hilangkanlah sakit, wahai Tuhan manusia, dan sembuhkanlah, Engkaulah Maha Penyembuh. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan tanpa meninggalkan rasa sakit.” (HR.Bukhari dan Muslim

Dua hadits diatas adalah bukti nyata bahwa Rasulullah melakukan tehnik Healing Touch pada pasiennya dan menganjurkan sahabat juga umatnya untuk melakukan prosesi Healing Touch yang dibarengi dengan doa. 

Pada zaman modern saat ini, ternyata Healing Touch yang dilakukan Rasulullah, para sahabat, ulama dan umat Islam untuk mengobati beragam penyakit kini telah dikembangkan dan diteliti oleh Dolores Krieger, seorang profesor di New York University School of Nursing dan Dora Kunz, seorang natural healer di tahun 1970. Mereka menjelaskan, didasarkan pada teori bahwa tubuh, pikiran, serta emosi membentuk bidang energi yang kompleks. Berdasarkan prinsip terapi sentuhan tangan ini, kesehatan merupakan indikasi dari keseimbangan getaran energi tubuh dan penyakit menandakan ketidakseimbangan getaran energi tubuh. Studi-studi ilmiah membuktikan, terapi sentuhan tangan ini bisa membantu menyembuhkan luka, mengurangi rasa sakit, serta membuat Anda relaks.
Cara kerja Healing Touch
Ada dua teori yang mendukung cara kerja terapi ini. Teori pertama menyatakan kalau rasa sakit yang sebenarnya berkaitan dengan pengalaman menyakitkan baik secara fisik maupun mental (seperti infeksi, cidera, atau hubungan yang tidak harmonis) yang tertinggal dalam sel-sel tubuh. Rasa sakit yang tersimpan dalam dalam sel-sel ini bersifat merusak serta mengganggu cara kerja sel-sel lain di dalam tubuh. Hasilnya adalah penyakit. Dan terapi ini diyakini bisa mengembalikan kesehatan dengan cara memulihkan komunikasi antara sel-sel.

Teori kedua berdasarkan pada prinsip-prinsip fisika kuantum. Darah, yang mengandung besi, menghasilkan bidang elektromagnetik saat bersirkulasi di dalam tubuh. Berdasarkan teori ini, kadang-kadang kita bisa melihat bidang ini yang disebut dengan medan elektromagnetik tubuh. Secara umum, Healing Touch didasarkan pada ide bahwa keseimbangan aliran gelombang energi yang menghasilkan kesehatan optimal. Para Quranic Healer mengalirkan gelombang energi Ilahiyah (dari hasil pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan doa Rasulullah) pada tangan mereka dan kemudian menyeimbangkan kembali ketidak stabilan energi tubuh seorang pasien. Saat menerima Healing Touch, Pasien biasanya akan merasa hangat, relaks, nyaman serta hilangnya rasa sakit, pada kasus-kasus tertentu akan mengeluarkan emosi negatif dan semua penyakit (yang berhubungan dengan racun, kuman penyakit) keluar dari tubuh baik melalui keringat maupun muntahan.
Manfaat Healing Touch
Sebagian besar studi menunjukkan bahwa Healing Touch  bisa meredakan sakit kepala akibat kontraksi otot (tension headache) dan mengurangi rasa sakit akibat terbakar, osteoarthritis, atau akibat operasi. Selain itu, terapi ini juga berfungsi mempercepat penyembuhan luka dan memperbaiki fungsi area-area yang mengalami arthritis.
Healing Touch juga bisa membuat Anda relaks. Ada juga pasien kanker, penyakit jantung, dan pasien luka bakar yang melaporkan bahwa Healing Touch  mengurangi kecemasan secara signifikan. Secara umum, relaksasi  yang ditimbulkan terapi ini bisa mengurangi stres, menurunkan tekanan darah, serta memperbaiki pernapasan. Dengan relaks, kadar kolesterol Anda juga bisa menurun, sistem kekebalan tubuh meningkat.  Terapi ini juga Insya Allah bisa mengobati berbagai penyakit fisik jika dipadukan dengan pengobatan medis dan herbal, segala macam penyakit psikis (kejiwaan) dan termasuk juga penyakit non fisik ( sihir, santet, teluh, guna-guna, gangguan jin dll).
Nb: Artikel ini adalah kutipan dari buku "Quranic Healing" yang akan terbit

Perdana Akhmad, S.Psi

Seorang Praktisi Ruqyah yang (Dengan Idzin Allah SWT) Akan Membagi Ilmu dan Seni Pendayagunaan Energi Ruqyah Keseluruh Umat Islam NO.Telp:081379666696 Pin BlackBerry : 2A22C8EA

1 Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak