KHASIAT DAUN KELOR UNTUK PENYAKIT MEDIS DAN GANGGUAN SIHIR

Dalam tradisi pengobatan kuno India (Ayurveda), daun kelor (Moringa oleifera) dianggap sakti karena bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Dalam daftar obat kuno India kelor memang menduduki tempat istimewa karena bisa digunakan untuk menyembuhkan sekitar 300 penyakit. Berita mengenai kesaktian daun kelor yang disebutkan dalam Ayurveda akhirnya sampai juga ke telinga orang-orang pintar di Nusantara terutama Jawa. Seperti kita ketahui, pada jaman dahulu pengaruh budaya India di Nusantara sangatlah kuat. Setelah mempelajari Ayurveda, para ahli obat herbal di Nusantara juga mulai berhasil mengobati berbagai macam penyakit dengan daun kelor.

Tanaman kelor dalam bahasa tumbuhan disebut dengan Moringa Oleivera. Kelor termasuk dalam tumbuhan perdu yang memiliki ketinggian tanaman 7-11 meter. Daun kelor oleh masayarakat jawa banyak dimanfaatkan sebagai tanaman pagar yang juga memiliki fungsi sebagai obat-obatan.

Kelor dapat berkembang biak dengan baik pada daerah yang mempunyai ketinggian tanah 300-500 meter di atas permukaan laut. Bunganya berwarna putih kekuning kuningan dan tudung pelepah bunganya berwarna hijau. Bunga kelor keluar sepanjang tahun dengan aroma bau semerbak. Buah kelor berbentuk segi tiga memanjang yang disebut klentang (Jawa). Sedang getahnya yang telah berubah warna menjadi coklat disebut blendok (Jawa).




 
Tanaman daun kelor dan polong kelor

Tanaman kelor memiliki nama daerah di Indonesia, seperti :
- Kelor : Jawa, Sunda, Bali, Lampung
- Kerol : Buru
- Marangghi : Madura
- Moltong : Flores
- Kelo : Gorontalo
- Keloro : Bugis
- Kawano : Sumba
- Ongge : Bima
- Hau fo : Timor-timor




KANDUNGAN DAUN KELOR

Orang-orang dulu, berdasarkan pengalaman (belum ada penelitian yang mendukung) mengatakan bahwa daun kelor dapat mencegah ratusan macam penyakit. Sekarang, dalam perkembangan ilmu pengetahuan, berhasil di teliti bahwa ternyata di dalam daun-daun kecil kelor terkandung unsur gizi yang tidak masuk akal yang dapat memperkuat tubuh manusia dan mencegah berbagai macam penyakit.

Dibandingkan dengan buah atau minuman lain yang sarat dengan kandungan unsur gizi tertentu, maka setiap lembaran daun kelor segar dalam satuan berat yang sama. Semua unsur gizi yang terdiri dari protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral terkandung di dalam daun kelor tersebut. Oleh karena itu, tidaklah berlebihan bila dikatakan bahwa daun kelor merupakan tumbuhan yang mampu memenuhi hampir seluruh kebutuhan gizi manusia.
 
Daun kelor
Hasil analisa menunjukkan bahwa daun kelor memilik kandungan gizi yang sangat penting untuk mencegah berbagai macam penyakit. Di samping itu, juga mengandung semua unsur asam amino (essensial) yang sangat penting, ini merupakan suatu sumber yang luar biasa dari tumbuhan daun keolor. Kecuali vitamin C, semua kandungan gizi yang terdapat dalam daun kelor segar akan mengalami peningkatan (konsentrasinya) apabila dikonsumsi setelah dikeringkan dan dihaluskan dlam bentuk serbuk (tepung).

Perbandingan vitamin-vitamin yang terdapat dalam daun kelor segar dengan daun kelor yang telah dikeringkan dan dihaluskan dalam bentuk serbuk (tepung) dalam satuan berat yang sama, lihat tabel di bawah ini :


Selain perbandingan vitamin yang dimiliki daun kelor segar dan daun kelor kering yang telah dibuat dalam bentuk serbuk diatas. Beberapa studi menunjukkan bahwa kandungan kalium yang terdapat dalam daun kelor lebih rendah dan kandungan zat besi lebih tinggi, seperti pada tabel berikut ini :

Unsur asam amino yang dikemukan pada kolom daun segar dalam tabel diatas menggambarkan kandungan asam amino dalam tiap 100 gr daun kelor segar yang dikemukakan dari penemuan C.Gopalan, et al dalam setiap gr nitrogen yang telah dilakukan di National Institute of Nutrition in Hyberabad, India.

Sementara informasi mengenai kandungan gizi daun kelor yang kering merupakan hasil analisa Lowell J. Fuglie yang didukung oleh Church World Service and The Departmentof Engineering the University of Leicester and perfomed by Campden & Chorleywood Food Research Association in Gloucestershire, Inggris.


Daun Kelor bentuknya sangat mirip dengan Daun Bidara


khasiat DAUN KELOR
DAUN KELOR



khasiat daun kelor

DAUN BIDARA

DAUN DAN BUNGA KELOR BISA DIMASAK

Tanaman Kelor mempunyai banyak manfaat bagi manusia. Berbagai bagian dari tanaman ini bisa dimakan. Di beberapa daerah, polong muda yang paling sering dimakan, sedangkan daun kelor adalah bagian paling umum digunakan.

Secara tradisional daun kelor dimasak dan digunakan seperti bayam. Selain digunakan segar sebagai pengganti bayam, daun biasanya dikeringkan dan ditumbuk menjadi bubuk digunakan dalam sup dan saus. Sebagai catatan Penting untuk diingat bahwa seperti kebanyakan tanaman kelor pemanasan di atas 60 derajat celcius dapat menghancurkan beberapa nilai gizi.

Di daerah Madura, ia biasa digunakan sebagai sayur berkuah sebagai teman makan siang yang kenal dengan nama Ghangan Maronggih (Sayur Kelor)


 Masak sayur daun kelor

Bunganya dapat dimakan saat dimasak dan terasa seperti jamur. Kulit kayu, getah, akar, daun, biji, minyak, dan bunga digunakan dalam pengobatan tradisional di beberapa negara. Di Jamaika, getah digunakan untuk pewarna biru alami.

DAUN KELOR
Bunga kelor bisa dimasak


OLAHAN MODERN DAUN KELOR

Produk Kapsul Kelor

kapsul kelor

Produk Tepung Kelor

tepung kelor




Khasiat Daun Kelor untuk kesehatan tubuh dan penyembuhan sakit fisik
Klik untuk memperbesar



Cara penggunaan kelor untuk mengobati penyakit tentu harus diketahui untuk mendapatkan khasiatnya. Berikut ini cara penggunan kelor untuk pengobatan. Untuk beberapa penyakit, kelor perlu dikombinasikan dengan bahan dan tanaman obat lain agar khasiatnya lebih ampuh dan tentunya jangan lupa diruqyah terlebih dahulu sebelum digunakan.

1. Kolesterol Tinggi dan Diabetes Mellitus 

Bahan: 3-5 gagang daun kelor;
Cara Membuat: Daun kelor direbus dengan 3 gelas air hingga air tersisa setengahnya. Kemudian, air rebusan disaring dan diminum;
Cara menggunakan: diminum dua kali sehari 

Daun kelor terbukti menyembuhkan penyakit diabetes ini telah dibuktikan oleh Jaiswal Dolly, seorang peneliti  dari Departemen Kimia Universitas Allahabad, India, ini menunjukkan bukti bahwa kandungan yang terdapat pada daun kelor lebih manjur menurunkan kadar gula dara dibandingkan dengan Glipizide

Glipizide sendiri adalah obat yang biasa dianjurkan para dokter untuk mengobati kencing manis.
Ekstrak daun kelornya ampuh menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah bagi mereka yang sudah dinyatakan memiliki kadar kolesterol tinggi serta menurunkan jumlah kolesterol yang tiba-tiba naik kembali.

2. Sakit Kuning
Bahan: 3-7 gagang daun kelor, 1 sendok makan madu dan 1 gelas air kelapa hijau;
Cara Membuat: Daun kelor ditumbuk halus, diberi 1 gelas air kelapa dan disaring. Kemudian ditambah 1 sendok makan madu dan diaduk sampai merata.
Cara menggunakan: diminum, dan dilakukan secara rutin sampai sembuh.

3. Reumatik, Nyeri dan Pegal Linu
Bahan: 2-3 gagang daun kelor, 1/2 sendok makan kapur sirih;
Cara Membuat: Kedua bahan tersebut ditumbuk halus;
Cara menggunakan: dipakai untuk obat gosok (param).

4. Rabun Ayam
Bahan: 3 gagang daun kelor;
Cara Membuat: Daun kelor ditumbuk halus, diseduh dengan 1 gelas air masak dan disaring. Kemudian dicampur dengan madu dan diaduk sampai merata.
Cara menggunakan: diminum sebelum tidur.

5. Sakit Mata
Bahan: 3 gagang daun kelor;
Cara Membuat: Daun kelor ditumbuk halus, diberi 1 gelas air dan diaduk sampai merata. Kemudian didiamkan sejenak sampai ampasnya mengendap;
Cara menggunakan: air ramuan tersebut digunakan sebagai obat tetes mata.

6. Sukar Buang Air Kecil
Bahan: 1 sendok sari daun kelor dan sari buah ketimun atau wortel yang telah diparut dalam jumlah yang sama;
Cara Membuat: Bahan-bahan tersebut dicampur dan ditambah dengan 1 gelas air, kemudian disaring.
Cara menggunakan: diminum setiap hari.

7. Cacingan
Bahan: 3 gagang daun kelor, 1 gagang daun cabai, 1-2 batang meniran;
Cara Membuat: semua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring.
Cara menggunakan: diminum.

8. Biduren (alergi)
Bahan: 1-3 gagang daun kelor, 1 siung bawang merah dan adas pulasari secukupnya;
Cara Membuat: semua bahan tersebut direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas, kemudian disaring.

9. Herpes (kurap), Bisul, dan Luka bernanah
Bahan: 3-7 gagang daun kelor;
Cara Membuat: daun kelor ditumbuk sampai halus.
Cara menggunakan: ditempelkan pada bagian yang luka sebagai obat luar.
 
10. Untuk meredakan panas/demam anak
Sekedar berbagi pengalaman, jika anak kami yang balita mengalami panas atau demam, kami tidak segera membawa ke dokter, namun biasanya kami buatkan dulu sayur bening daun kelor muda berikut buah mudanya setelah dingin bacakan surat Al_fatihah 7 kali dan dihembuskan kedalam sayur bening daun  kelor. Biasanya setelah disuapi sekali – dua kali dengan sayur daun kelor dan tidur, panas atau demamnya akan reda. Mengenai rasa, setelah dimasak, daun kelor tak beda dengan daun katu, sedangkan buah mudanya mirip dengan rasa kacang panjang, namun lebih manis.

11. Menghilangkan flek pada wajah
Daun kelor muda digiling/ditumbuk halus, dijadikan bedak/dicampur dengan bedak

12. Menghancurkan batu ginjal
Manfaat lainnya yaitu untuk meluruhkan batu ginjal. Caranya dibuat aja sayur daun kelor rutin setiap hari dan rutin juga selama sebulan, Insyaallah batu ginjal cepat luruh dan keluar bersama saat buang air kecil.


Khasiat Daun Kelor untuk Penyakit Psikis (kejiwaan), gangguan jin dan serangan sihir

Sama seperti herba lainnya (asam jawa "sanaa", daun bidara, daun sirih, daun kapuk, garam) daun kelor bisa juga digunakan untuk penyakit non fisik, berikut ini pembahasannya :

khasiat daun kelor1. Mengatasi Nyeri, Letih, Linu, Pegal akibat sihir
Daun kelor mengandung pterigospermin yang merangsang kulit sehingga dapat berfungsi sebagai param yang menghangatkan. Jika daun kelor dilumat dan dibalur akan mengurangi rasa nyeri karena bersifat analgesik. pasien sihir yang mengalami sakit seperti ditusuk-tusuk, terbakar  Insya Allah akan sembuh dengan membalurkan daun kelor yang sudah dilumat halus (sudah dibacakan dan ditiup ayat dan doa ruqyah) lalu ditempelkan ditempat yang nyeri.


2. Membantu menyembuhkan kesurupan
Cara mengobatinya dengan mengambil daun Kelor, lalu diremas dibacakan ayat kursi 3/7 kali ditiupkan diremasan daun kelor dan dibalurkan di semua persendian pasien dan dimasukkan kemulut pasien Insya Allah akan menyedot semua kekuatan jin yang menyurupi pasien.

3. Menetralkan segala macam bentuk susuk, gangguan jiwa, ilmu metafisik/kesaktian, tenaga dalam, santet, tenung, guna-guna
Daun kelor muda ditumbuk, diberi sedikit air yang sudah diruqyah lalu dibalurkan ditempat susuk berada, atau dibuat mandi dengan menumbuk halus daun kelor lalu dimasukkan kedalam baskom, setelah itu bacakan ayat-ayat pembatal sihir lalu dibuat mandi selama minimal 7 hari berturut-turut.

Tehnik lainnya adalah Didihkan air panas lalu matikan apinya, setelah itu masukkan daun kelor dan tutup  sampai dingin sendiri lalu tiriskan, air sari daun kelor lalu dibacakan ayat-ayat ruqyah lalu diminum setiap pagi,siang dan malam hari.

4. Menyembuhkan segala bentuk sakit kulit akibat santet/sihir
Daun kelor muda ditumbuk, diberi sedikit air yang sudah diruqyah lalu dibalurkan ditempat sakit kulit akibat sihir berada, atau dibuat mandi dengan menumbuk halus daun kelor lalu dimasukkan kedalam baskom, setelah itu bacakan ayat-ayat pembatal sihir lalu dibuat mandi selama minimal 7 hari berturut-turut.
 Tehnik lainnya adalah Didihkan air panas lalu matikan apinya, setelah itu masukkan daun kelor dan tutup  sampai dingin sendiri lalu tiriskan, air sari daun kelor lalu dibacakan ayat-ayat ruqyah lalu diminum setiap pagi,siang dan malam hari.

 


Perdana Akhmad, S.Psi

Seorang Praktisi Ruqyah yang (Dengan Idzin Allah SWT) Akan Membagi Ilmu dan Seni Pendayagunaan Energi Ruqyah Keseluruh Umat Islam NO.Telp:081379666696 Pin BlackBerry : 2A22C8EA

56 Komentar

  1. Wah jadi pengin tanam di rumah.
    Kata orang tua dulu daun kelor kalo disabet ke orang yang punya ilmu kebal katanya bisa langsung terkapar. Bener nggak tuh ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Terima kasih artikelnya bagus
      saya sedang blogwalking om...
      nitip link ya..
      ditunggu kunjungan baliknya di:
      http://tehkelor.id

      Hapus
  2. Raih Keajaiban dengan CD Digitalprayer ...
    Dijual CD Digitalprayer Untuk :
    1. Meningkatkan Konsentrasi & Daya Pikir
    2. Menyejukan Hati & Ketenangan Hati
    3. Mempercepat Proses Belajar / meningkatkan Daya Serap Otak
    4. Mendatangkan Keajaiban Finansial / Mendatangkan Kelimpahan
    5. Membuat Otak Menjadi Kreatif
    6. Memberi Manfaat Meditasi
    7. Menajamkan Intuisi
    8. Meningkatkan Inner Beauty / Awet Muda / Anti Penuaan
    9. Menghentikan Kebiasaan Buruk / Bad Habit
    10. Menguatkan Daya Ingat
    11. Memunculkan Aura Cinta / Kasih Sayang, Menarik Lawan Jenis
    12. Meningkatkan Karisma dll.

    Kunjungi tokobaru99.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Terimakasih banyak.
    Tambah ilmu, semoga memberi bermanfaat buat kita semua.

    BalasHapus
  4. Pak Ustadz, adakah dalilnya (Qur'an atau Hadits) yang secara tegas menyebutkan daun kelor sebagai obat untuk penyakit non medis (sihir, santet, dsb)... ?.. Syukron.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak semua persoalan kecil dijelaskan di Quran
      Anggap saja kita belajar ilmu biologi.Bahwa syarat mahkluk hidup perlu makan dan minum,dan jin itu perlu makan dan minum.Kalau manusia dan hewan jelas makan dan minumnya ,sedangkan jin makanannya aroma/bau bauan sesuatu,bisa aroma bunga,menyan,dupa,amis darah,bangkai,dll dan jin juga bisa binasa kena aroma racun.Aroma racun untuk jin adalah salah satunya daun kelor.sebenarnya banyak aroma racun bagi jin yaitu bau daun sirih,bau bawang merah/putih,bau daun bidara .semoga membantu memperjelas pertanyaan saudara.

      Hapus
  5. mkacih atas infonyaaa

    BalasHapus
  6. Memang khasiat daun kelor seperti itu; namun untuk menetralkan/membersihkan susuk yang lebih dari 5 pemasangannya, maka cara yang lebih afdhol adalah dengan memakai BENALU KELOR (benalu yang tumbuh di pohon kelor). Bagi anda yang membutuhkan, silakan hubungi sy di j266er2004@yahoo.com yang masih segar ataupun yang sudah kering yg sudah diberi doa khusus.

    BalasHapus
  7. terimakasih sangat bermanfaat sekali,

    BalasHapus
  8. Terima kasih ustad atas info manfaat daun kelornya. Sayuran yang ekonomis dan praktis, menyehatkan. Tapi sayang susah cari bibitnya.Kami tinggal di Kalimantan.

    BalasHapus
  9. bagus sekali infonya, yang saya daun kelor untuk mencabut/menghilangkan susuk, ternyata banyak ya manfaatnya

    BalasHapus
  10. Info yang bermanfaat buat semuanya aja. terimakasih

    BalasHapus
  11. daun kelor ternyata banyak banget manfaatnya , harusnya lebih dikembangkan lagi ,mis. dikemas dalam bentuk pil , agar mudah dipakae

    BalasHapus
  12. Bagus bgt infonya...
    Tp saya kurang setuju dgn Hal mistisnya, kita punya Tuhan, tinggal minta aja kesembuhan dr Hal2 mistis pd Tuhan kita , toh Tuhanlah yg berkuasa di alam semesta, jgn terkecoh dgn iblis...
    Ingat iblis itu 100x lbh pintar dr manusia tp ttp Tuhanlah yg berkuasa...

    BalasHapus
  13. info yang sangat bermanfaat sekali.....trma ksih....

    BalasHapus
  14. MASYAALLAH TERNYATA KITA MESTINYA KAYA,,, SEKALIPUN TAK MAKAN DAGING,, DAUN KELOR BOLEH DIJADIKAN MENU HARIAN KUU N ANAK ANAK

    BalasHapus
  15. Saat ini zaman sudah praktis dan instan, cara pengolahan daun kelor tidak perlu ribet lagi.
    Kami menyediakan kapsul daun kelor ekstrak - teh daun kelor dan madu + ekstrak daun kelor.
    Silahkan hubungi kami jika anda berminat klik www.MaduKelor. com

    Terimakasih admin

    BalasHapus
  16. Yang butuh bibit pohon kelor bisa hub kami 082136712513 atau chasiapro@gmail.com. @Trims Prabowo Jogja

    BalasHapus
  17. Informasi yang sangat bermanfaat.. Terima kasih ustadz..

    BalasHapus
  18. Hallo temen2 smua blog ini….

    Salam kenal yah….

    Selain berdoa dan bersukur yuk sama-sama kita berusaha untuk menemukan peluang usaha….
    Temukan peluang USAHA anda disini ya om…
    Kali aja bisa ada yg cocok untuk inspirasi membangun usaha mandiri anda dengan mudah tanpa kesulitan untuk mengembangkannya. Terima kasih

    Salam
    http://www.hobianekausaha.com/

    BalasHapus
  19. ada sumber tuntunan dari islam gak, bahwa daun kelor dapat melawan pengaruh sihir ?
    trimakasih

    BalasHapus
  20. trims, infonya yang lengkap tentang daun kelor dan Adakah Bapak/IBu yang punya pohon kelor , sbenalunya / kemladehanya , saya membutuhkannya, trims

    BalasHapus
  21. Thanks infonya, baru tahu kalau daun kelor selain dpt melunturkan susuk ternyata bs untuk penyakit juga.

    BalasHapus
  22. Bisa buat sembukan penyakit infeksi atau penyakit kelamin ngak.?

    BalasHapus
  23. Ditempat saya di Bira Kab Bulukumba Sul Sel masyarakatnya menjadikan daun kelor yg muda sebagai makanan tiap hari sebagai sayur bening, dan kalau dibandingkan dengan daun katuk, daun kelor masih lebih enak, makanya setip rumah sudah menjadikan kelor sebagai tanaman untuk makanan setiap hari

    BalasHapus
  24. coba di googling "khasiat lengkap daun kelor" ada paparan lengkap pengalaman dari trubus

    BalasHapus
  25. Makanya untuk memudahkan teman-teman yang ingin mengambil manfaat daun kelor ini saya jual daun kelor online juga...

    Sekian

    BalasHapus
  26. Sadaaapppp :O
    kandungannya melebihi kandungan buah jeruk, pisang, susu, yoghurt, dan wortel

    kalau mengkonsumsi berlebihan bagaimana?
    Thanks

    BalasHapus
  27. assalamu'alaikum..

    dari beberapa komentar yg saya baca, saya melihat ada beberapa teman-teman yang salah paham/mengerti tentang bagaimana daun kelor bisa menangkal/mengobati gangguan sihir dari jin.
    berdasarkan logika saya, maksud dari "bisa menangkal/mengobati sihir" adalah daun kelor tersebut diruqyah terlebih dahulu baru digunakan untuk mengobati/menangkal sihir dari jin.
    karena entah itu daun, buah, batang, air, dan lain sebagainya itu semua hanyalah media, Sang Penyembuhnya adalah Allah SWT.
    jadi, jangan sampai keliru, nanti malah salah kaprah menganggap bahwa yg menyembuhkan adalah daunnya atau media yg lain, padahal hanya Allah SWT yg bisa menyembuhkan segala macam penyakit/gangguan sihir dari jin.

    wassalamu'alaikum..

    BalasHapus
  28. Makasih ya atas informasi yang diberikan sangat bermanfaat gan...
    Salam kenal gan dari Manisan kolang kaling

    BalasHapus
  29. Terima kasih semoga makalah dan resep nya bisa bermanfaat buat kita yg membutuh kan ,,aminn

    BalasHapus
  30. Terima kasih sekali atas Informasinya, saya pingin sekali menanam pohon Kelor dipekarangan samping rumah,masih ada lahan kosong bisa dimanfaatkan;cuman cari bibitnya yg agak susah. Bisa sih mbawa dari Jawa tengah,tapi repot transportasinya. kalau ngga salah naman pohon Kelor dengan cara disetek,seperti naman pohon singkong. Ini sekedar informasi buat Sobat-sobat yg ingin menaman pohon Kelor

    BalasHapus
  31. Terima kasih atas Infonya,saya pingin sekali nanam pohon kelor dipekarangan samping rumah,ada lahan kosong bisa dimanfaatkan utk ditanami pohon kelor.namun agak susah cari bibitnya;mau bawa dari Jawa Tengah,ada kesulitan transportasinya.coba saya mau cari disekitar tempat tinggalku yaitu Perumnas 2 Parung Panjang BOGOR.
    Sekedar Info buat sobat-sobat yg ingin menanam pohon Kelor dan belum tahu caranya,yaitu dengan cara disetek seperti nanam pohon singkong.mudah-mudahan bermanfaat amin.

    BalasHapus
  32. Gak harus di stek kok,aku lg ndederin pke bijinya, ternyata bisa tumbuh,cuma agak lama,untuk bikin kapsul kelor mudah bgt,tinggal keringin daunnya,di tumbuk,trs di masukkin di kapsul kosong,ibu ku yang diabetes alhamdulilah jd segar bugar dan kadar gulanya sll normal,buat kanker juga bisa,ada pengalaman yang kena kanker usus sdh capek kemo,pke kapsul kelor malah badannya seger lagi...jd banyak bgt manfaatnya

    BalasHapus
  33. Gak harus di stek kok,aku lg ndederin pke bijinya, ternyata bisa tumbuh,cuma agak lama,untuk bikin kapsul kelor mudah bgt,tinggal keringin daunnya,di tumbuk,trs di masukkin di kapsul kosong,ibu ku yang diabetes alhamdulilah jd segar bugar dan kadar gulanya sll normal,buat kanker juga bisa,ada pengalaman yang kena kanker usus sdh capek kemo,pke kapsul kelor malah badannya seger lagi...jd banyak bgt manfaatnya

    BalasHapus
  34. Yang butuh Serbuk Daun Kelor, Silahkan hubungi 081515549769.
    Harga terbaik, kualitas terjaga dengan baik.

    BalasHapus
  35. Yang butuh Serbuk Daun Kelor, Silahkan hubungi 081515549769.
    Harga terbaik, kualitas terjaga dengan baik.
    www.moringava.blogspot.com

    BalasHapus
  36. saya juga pernah punya pengalaman memandikan orang yg terganggu jiwanya dengan air ruqyah yg dicampur daun kelor, kalau tidak salah pengetahuan itu saya dapatkan dari membaca artikel2 di blog ini

    BalasHapus
  37. terimakasih banyak informasinya gan sangat bagus dan membantu ,salam dari kami Resep membuat kecimpring kang emus Preman Pensiun
    , terus update agar saya bisa terus dapat informasi yang bermanfaat dari agan ,

    BalasHapus
  38. sayang daun kelor di daerah rumah saya sudah tidak ada. Padahal dulu banyak dan sering dubuat sayur daun kelor.

    BalasHapus
  39. aswr ijin dwonload bpk terimakasih wswr

    BalasHapus
  40. Terima kasih atas informasinya

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak