Tanpa judul

_BismiLLaahirrahmanirrahiim_

Cicit iblis saja bertobat dan bergabung dijalan dakwah serta tetap istiqomah memegang amanah

من كتاب *كنز العمال* (٦\١٦٤)

عن عمر قال: "بينما نحن قعود مع النبي صلى الله عليه وسلم على جبال من جبال تهامة إذ أقبل شيخ بيده عصا فسلم على النبي صلى الله عليه وسلم فرد عليه السلام، ثم قال: نغمة جن وغنتهم من أنت؟ قال: أنا هامة بن الهيم بن لاقيس بن إبليس، قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: فما بينك وبين إبليس إلا أبوان؟ قال: نعم. قال: ـ فكم أتى عليك من الدهر قال: قد أفنيت الدنيا عمرها إلا قليلا، قال: ما علم ذلك، قال: ليالي قتل قابيل هابيل كنت غلاما ابن أعوام أفهم الكلام وأمر بالآكام ، وآمر بإفساد الطعام وقطيعة الأرحام، فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: بئس عمل الشيطان المتوسم والشاب المتلوم. قال: ذرني من الترداد إني تائب إلى الله عز وجل، إني كنت مع نوح في مسجده مع من آمن به من قومه، فلم أزل أعاتبه على دعوته على قومه حتى بكى عليهم وأبكاني، وقال لا جرم إني على ذلك من النادمين، وأعوذ بالله أن أكون من الجاهلين، قلت يا نوح إني ممن أشرك في دم السعيد هابيل بن آدم فهل تجد لي عند ربك توبة؟ قال: يا هام هم بالخير وافعله قبل الحسرة والندامة إني قرأت في ما أنزل الله عز وجل علي أنه ليس من عبد تاب إلى الله عز وجل بالغا ذنبه ما بلغ إلا تاب الله عليه، قم فتوضأ واسجد لله سجدتين، ففعلت من ساعتي ما أمرني به، فناداني ارفع رأسك فقد نزلت توبتك من السماء فخررت لله ساجدا حولا، وكنت مع هود في مسجده مع من آمن من قومه، فلم أزل أعاتبه على دعوته على قومه حتى بكى عليهم وأبكاني فقال: لا جرم إني على ذلك من النادمين، وأعوذ بالله أن أكون من الجاهلين، وكنت مع صالح في مسجده مع من آمن به من قومه فلم أزل أعاتبه على قومه حتى بكى عليهم وأبكاني وكنت زوارا ليعقوب، وكنت من يوسف بالمكان المكين، وكنت آلف إلياس في الأودية وأنا ألقاه الآن، وإني لقيت موسى بن عمران فعلمني من التوراة وقال: إن لقيت عيسى ابن مريم فأقرئه مني السلام، وإني لقيت عيسى ابن مريم فأقرأته من موسى السلام، وإن عيسى قال لي: إن لقيت محمدا فأقرئه مني السلام فأرسل رسول الله صلى الله صلى الله عليه وسلم عينيه فبكى، ثم قال: وعلى عيسى السلام ما دامت الدنيا وعليك يا هامة بأدائك الأمانة قال: يا رسول الله افعل بي ما فعل موسى بن عمران فإنه علمني من التوراة فعلمه رسول الله صلى الله عليه وسلم
{إِذَا وَقَعَتِ الْوَاقِعَةُ}
و {وَالْمُرْسَلاتِ}
 و {عَمَّ يَتَسَاءَلُونَ}
و {إِذَا الشَّمْسُ كُوِّرَتْ}
و {المعوذتين}
و {قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ}
وقال: ارفع إلينا حاجتك يا هامة ولا تدع زيارتنا، قال عمر بن الخطاب رضي الله عنه: فقبض رسول الله صلى الله عليه وسلم ولم ينعه إلينا فلسنا ندري أحي أم ميت". "عق وأبو العباس اليشكري في اليشكريات وأبو نعيم ق معا في الدلائل والمستغفري في الصحابة وإسحاق بن إبراهيم المنجنيقي من طرق وطريق ق أقواها وطريق عق أوهاها وأورده ابن الجوزي في الموضوعات من طريق عق فلم يصب وله شواهد من حديث أنس وابن عباس وغيرهما تأتي في محالها وقد بسطت الكلام عليه في اللآلي المصنوعة"..

Dalam kitab Kanzul-Ummal,
Dari Umar radhiyaLLaahu 'anhu, “Suatu hari kami duduk bersama Nabi shallaLLaahu 'alaihi wa sallam di gunung Tihamah. Tiba-tiba seorang kekek tua bertongkat, datang. Salam dia dijawab oleh Nabi shallaLLaahu 'alaihi wa sallam.
Nabi bersabda ‘ini naghomah (suara kawanan lebah) dan suara jin. Siapa kau?’.
Dia menjawab ‘saya *Hammah bin Al-Haim bin Laaqis bin Iblis*’.
Nabi bertanya ‘berarti antara kau dan Iblis, (terpaut) dua generasi?’.
Dia menjawab ‘betul’.
Nabi shallaLLaahu 'alaihi wa sallam bertanya ‘berarti berapa umurmu?’.
Dia menjawab ‘saya hidup hampir selama dunia dihuni oleh manusia’.
Nabi bertanya ‘maksudnya bagaimana?’.
Dia menjawab ‘di malam Qobil membunuh Habil; saya masih kanak-kanak, umur beberapa tahun. Saat itu saya sudah bisa memahami pembicaraan, dan bermain di sejumlah perbukitan. Saya perintah agar makanan dirusak dan memutus ikatan rahim’.
Nabi bersabda ‘sejelek-jelek kelakuan syaitan yang menjelma orang tua, dan menjelma pemuda yang suka dicela’.
Dia (Haammah) berkata’ biarkanlah saya, janganlah sebut-sebut lagi hal itu karena aku sudah bertaubat kepada ALLaah 'azza wajalla. Saya dulu pernah bersama Nabi Nuh 'alaihis salaam di dalam masjidnya, bersama kaumnya yang beriman. Dan saya mengeritiknya karena dia telah mendoakan jelek atas kaumnya. Hingga dia dan saya menangis. Dia berkata ‘saya telah menyesal. Saya berlidung pada Allah agar tidak tergolong kaum Bodoh’.
Saya berkata:
Wahai Nuh, aku dulu terlibat dalam menumpahkan darah (membunuh) Habil bin Adam. Apakah tobat saya bisa diterima oleh Robb-mu?’.
Nuh 'alaihis salaam berkata ‘hai Hammah, tekadkanlah berbuat kebaikan sebelum nestapa dan menyesal. Saya telah membaca Wahyu yang diturunkan oleh ALLaah 'azza wajalla pada saya:
Tiada hamba yang dosanya sampai puncak, bertobat pada Allah, kecuali ALLaah menerima tobatnya. Berdirilah untuk wudhu dan sholatlah dua rakaat!’.
Maka saya melaksanakan perintahnya. ALLaah menyeru kepadaku:
‘Angkatlah kepalamu! Taubatmu dari langit telah diterima!’
Maka saya merebah untuk bersujud, selama setahun.
Saya juga pernah bersama Hud 'alaihis salaam di masjidnya, bersama kaumnya yang beriman. Saya mengeritiknya terus-menerus, karena pernah mendoakan jelek atas kaumnya. Hingga dia dan saya menangis. Dia berkata, ‘saya telah menyesali perbuatan itu. Dan berlindung pada Allah agar tidak tergolong kaum Bodoh’.
Saya juga pernah bersama Sholih 'alaihis salaam, di masjidnya, bersama kaumnya yang beriman. Saya mengeritiknya terus, karena pernah mendoakan jelek atas kaumnya. Hingga dia dan saya menangis.
Saya juga pernah berkunjung pada Yaqub 'alaihis salaam. Juga pernah mendampingi hingga diberi kedudukan penting oleh Yusuf 'alaihis salaam. Juga sering menemani Ilyas 'alaihis salaam di beberapa lembah. Saya juga pernah bertemu Musa bin 'Imraan 'alaihis salaam dan diajarkan sebagaian kitab Taurat olehnya . Dan dipesan ‘jika kau bertemu Isa bin Maryam 'alaihis salaam, sampaikan salam saya padanya!’.
Setelah bertemu, saya menyampaikan salam Musa padanya (Isa) 'alaihis salaam. Dia berpesan ‘kalau kau bertemu Muhammad, sampaikan salam saya padanya!’.
Dua mata RasuluLLaah shallaLLaahu 'alaihi wa sallam berlinang airmatanya, dan menangis. Lalu bersabda ‘semoga salam atas Isa 'alaihis salaam, begitu pula pada kau Hammah, yang telah menyampaikan titipan salamnya pada saya’.
Dia berkata ‘ya RasulaLLaah, perlakukan saya seperti Musa 'alaihis salaam memperlakukan saya. Dia telah mengajarkan sebagaian kitab Taurat pada saya’.
Nabi shallaLLaahu 'alaihi wa sallam mengajarkan padanya:
1.     Surat Al-Mursalat.
2.     Surat Annaba.
3.     Surat Attakwir.
4.     Al-Falaq.
5.     Annas.
6.     Al-Ikhlash.
Lalu beliau bersabda "sampaikanlah keperluanmu kepada kami wahai Haammah dan janganlah sungkan mengunjungi kami.”

Umar bin Al-Khatthab radhiyaLLaahu 'anhu berkata, “RasuluLLaah shallaLLaahu 'alaihi wa sallam telah wafat, namun belum pernah ‘memberitakan kematian’ Hammah, pada kami. Kami tidak tahu dia masih hidup, atau telah wafat.”

———————————

*BismiLLahir rahmaanir rahiim..*

_Haammah dan keturunannya yg mukmin, jika ALLaah swt taqdirkan dirimu masih hidup, ... Semoga banyak yang mengambil manfaat dsn pelajaran atas berita kalian.._

———————————————————

Baca 39:53-61

Kmdian coba ajak mrk buka hati dan mendengarkan Alfatihah dg sepenuh hati mrk..

قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَىٰ أَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا ۚ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

Katakanlah: "Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

وَأَنِيبُوا إِلَىٰ رَبِّكُمْ وَأَسْلِمُوا لَهُ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَكُمُ الْعَذَابُ ثُمَّ لَا تُنْصَرُونَ

Dan kembalilah kamu kepada Tuhanmu, dan berserah dirilah kepada-Nya sebelum datang azab kepadamu kemudian kamu tidak dapat ditolong (lagi).

وَاتَّبِعُوا أَحْسَنَ مَا أُنْزِلَ إِلَيْكُمْ مِنْ رَبِّكُمْ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَكُمُ الْعَذَابُ بَغْتَةً وَأَنْتُمْ لَا تَشْعُرُونَ

Dan ikutilah sebaik-baik apa yang telah diturunkan kepadamu dari Tuhanmu sebelum datang azab kepadamu dengan tiba-tiba, sedang kamu tidak menyadarinya,

أَنْ تَقُولَ نَفْسٌ يَا حَسْرَتَا عَلَىٰ مَا فَرَّطْتُ فِي جَنْبِ اللَّهِ وَإِنْ كُنْتُ لَمِنَ السَّاخِرِينَ

supaya jangan ada orang yang mengatakan: "Amat besar penyesalanku atas kelalaianku dalam (menunaikan kewajiban) terhadap Allah, sedang aku sesungguhnya termasuk orang-orang yang memperolok-olokkan (agama Allah),

أَوْ تَقُولَ لَوْ أَنَّ اللَّهَ هَدَانِي لَكُنْتُ مِنَ الْمُتَّقِينَ

atau supaya jangan ada yang berkata: 'Kalau sekiranya Allah memberi petunjuk kepadaku tentulah aku termasuk orang-orang yang bertakwa'.

أَوْ تَقُولَ حِينَ تَرَى الْعَذَابَ لَوْ أَنَّ لِي كَرَّةً فَأَكُونَ مِنَ الْمُحْسِنِينَ

Atau supaya jangan ada yang berkata ketika ia melihat azab 'Kalau sekiranya aku dapat kemnbali (ke dunia), niscaya aku akan termasuk orang-orang berbuat baik'.

بَلَىٰ قَدْ جَاءَتْكَ آيَاتِي فَكَذَّبْتَ بِهَا وَاسْتَكْبَرْتَ وَكُنْتَ مِنَ الْكَافِرِينَ

(Bukan demikian) sebenarya telah datang keterangan-keterangan-Ku kepadamu lalu kamu mendustakannya dan kamu menyombongkan diri dan adalah kamu termasuk orang-orang yang kafir"

وَيَوْمَ الْقِيَامَةِ تَرَى الَّذِينَ كَذَبُوا عَلَى اللَّهِ وُجُوهُهُمْ مُسْوَدَّةٌ ۚ أَلَيْسَ فِي جَهَنَّمَ مَثْوًى لِلْمُتَكَبِّرِينَ

Dan pada hari kiamat kamu akan melihat orang-orang yang berbuat dusta terhadap Allah, mukanya menjadi hitam. Bukankah dalam neraka Jahannam itu ada tempat bagi orang-orang yang menyombongkan diri?

وَيُنَجِّي اللَّهُ الَّذِينَ اتَّقَوْا بِمَفَازَتِهِمْ لَا يَمَسُّهُمُ السُّوءُ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ

Dan Allah menyelamatkan orang-orang yang bertakwa karena kemenangan mereka, mereka tiada disentuh oleh azab (neraka dan tidak pula) mereka berduka cita.

(QS 39:53-61)

Perdana Akhmad, S.Psi

Seorang Praktisi Ruqyah yang (Dengan Idzin Allah SWT) Akan Membagi Ilmu dan Seni Pendayagunaan Energi Ruqyah Keseluruh Umat Islam NO.Telp:081379666696 Pin BlackBerry : 2A22C8EA

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak