Bismillah
" KEDOKTERAN ITU DIDASARI OLEH PERCOBAAN"
كيف يتعامل العلماء مع التجربة .. حتى وإن لم تأتِ بها سنّة !؟!
" Bagaimana sikap para ulama mengenai percobaan dilapangan..walaupun hal itu tidak ada dasarnya dari sunnah?"
شرب أثر العائن !
"Meminum bekas orang yang menimpakan 'ain"
قال الشيخ باز : الأصل في هذه المسألة الاغتسال لورود النص في ذلك !
"Syeikh bn Baz berkata:" Pada dasarnya dalam masalah cara mengatasi 'ain adalah mandi dari bekas orang yang menimpakan 'ain sesuai dengan dalil yang sudah ada".
قال الشيخ السدحان : ياشيخنا وهل هناك محظور في الشرب ؟ حيث أن هذا الأمر متعارف عليه في بلادنا ؟
"Syeikh Al-Sadhan berkata kepada Syeikh bn Baz:"Ya Syeikh kami apakah dilarang meminum bekas orang yang menimpakan 'ain? Dimana cara ini sudah dikenal di negara kita"?
فقال الشيخ بن باز : الأصل الإغتسال فقط !
"Syeikh bn Baz menjawab:"Yang ada dasarnya adalah cuma mandi saja".
فقال أحد الحاضرين : والله ياشيخ لا نُشفى إلا إذا شربنا !
"Salah seorang yang hadir berkata:" Demi Allah ya Syeikh kami tidak sembuh kecuali dengan minum bekasnya".
فابتسم الشيخ بن باز , فبادره الشيخ السدحان قائلاً : ما رأيك ياشيخ ؟
"Maka Syeikh bn Baz tersenyum,dan Syeikh Al-Sadhan berkata kepada Syeikh bn Baz:"Bagaimana pendapat anda ya syeikh?
فقال بالحرف الواحد : إذن يغتسل ويشرب !
"Syeikh bn Baz menjawab:" Kalau begitu dia mandi dan minum".
Jelasnya dari kajian diatas yang terjadi antara Syeikh bn Baz dan Syeikh Abdulloh Al-Sadhan juga dengan salah satu hadirin dimana awalnya Syeikh bn Baz rahimahulloh tetap teguh dalam memegang cara yang sesuai dengan dalil tetapi setelah mendengar salah seorang hadirin mengatakan dia hanya sembuh dari 'ain dengan meminum bekas orang yang menimpakan 'ain,maka beliau langsung memfatwakan bahwa minum bekas orang yang menimpakan 'ain itu boleh.Kenapa? Karena ruqyah syar'iyah sama dengan kedokteran yang sewaktu-waktu bisa berubah berdasarkan apa yang terjadi dilapangan.Jelasnya ruqyah syar'iyah sifatnya ijtihadiyah bukan sepenuhnya
Wallahu'alam
Ustadz Salahudin Sunan Al-sasaki
" KEDOKTERAN ITU DIDASARI OLEH PERCOBAAN"
كيف يتعامل العلماء مع التجربة .. حتى وإن لم تأتِ بها سنّة !؟!
" Bagaimana sikap para ulama mengenai percobaan dilapangan..walaupun hal itu tidak ada dasarnya dari sunnah?"
شرب أثر العائن !
"Meminum bekas orang yang menimpakan 'ain"
قال الشيخ باز : الأصل في هذه المسألة الاغتسال لورود النص في ذلك !
"Syeikh bn Baz berkata:" Pada dasarnya dalam masalah cara mengatasi 'ain adalah mandi dari bekas orang yang menimpakan 'ain sesuai dengan dalil yang sudah ada".
قال الشيخ السدحان : ياشيخنا وهل هناك محظور في الشرب ؟ حيث أن هذا الأمر متعارف عليه في بلادنا ؟
"Syeikh Al-Sadhan berkata kepada Syeikh bn Baz:"Ya Syeikh kami apakah dilarang meminum bekas orang yang menimpakan 'ain? Dimana cara ini sudah dikenal di negara kita"?
فقال الشيخ بن باز : الأصل الإغتسال فقط !
"Syeikh bn Baz menjawab:"Yang ada dasarnya adalah cuma mandi saja".
فقال أحد الحاضرين : والله ياشيخ لا نُشفى إلا إذا شربنا !
"Salah seorang yang hadir berkata:" Demi Allah ya Syeikh kami tidak sembuh kecuali dengan minum bekasnya".
فابتسم الشيخ بن باز , فبادره الشيخ السدحان قائلاً : ما رأيك ياشيخ ؟
"Maka Syeikh bn Baz tersenyum,dan Syeikh Al-Sadhan berkata kepada Syeikh bn Baz:"Bagaimana pendapat anda ya syeikh?
فقال بالحرف الواحد : إذن يغتسل ويشرب !
"Syeikh bn Baz menjawab:" Kalau begitu dia mandi dan minum".
Jelasnya dari kajian diatas yang terjadi antara Syeikh bn Baz dan Syeikh Abdulloh Al-Sadhan juga dengan salah satu hadirin dimana awalnya Syeikh bn Baz rahimahulloh tetap teguh dalam memegang cara yang sesuai dengan dalil tetapi setelah mendengar salah seorang hadirin mengatakan dia hanya sembuh dari 'ain dengan meminum bekas orang yang menimpakan 'ain,maka beliau langsung memfatwakan bahwa minum bekas orang yang menimpakan 'ain itu boleh.Kenapa? Karena ruqyah syar'iyah sama dengan kedokteran yang sewaktu-waktu bisa berubah berdasarkan apa yang terjadi dilapangan.Jelasnya ruqyah syar'iyah sifatnya ijtihadiyah bukan sepenuhnya
Wallahu'alam
Ustadz Salahudin Sunan Al-sasaki