Hakikat Nafs (jiwa) manusia



Saya ambil dari kitabnya Ibnu Qayyim Al Jauziyah berjudul Ar-Ruh. dijelaskan bahwa Menurut Muqatil bin Sulaiman bahwa manusia mempunyai hidup, ruh dan jiwa. Jika manusia tidur, keluarlah jiwa sadarnya tetapi ruh tidak meninggalkan jasadnya. Ia keluar seperti benang halus yang terbentang dan memiliki sinar. Diwaktu manusia bermimpi, maka yang melihat sesuatu dalam mimpinya adalah jiwa sadar yang keluar sedangkan ruh tetap berada dalam jasadnya.
Apabila manusia telah bergerak, kembalilah jiwa sadar tadi secepatnya lebih cepat dari kedipan mata. Apabila dikehendaki Allah untuk mati, dipegangilah (ditahan) jiwa yang keluar itu.
Dikatakan pula bahwa apabila manusia sedang bermimpi, jiwa sadar itu keluar dan naik keatas, jika ia melihat sesuatu dalam mimpinya, kembalilah jiwa itu memberitahukan pada ruh. Demikianlah hingga pagi ia menyadari bahwa telah bermimpi begini dan begitu.
---------------------------------------------------------
Pendapat saya (bisa saja salah)
Berdoa kepada Allah agar diberi kekuatan dan keberanian juga kemenangan menghadapi jin yang mengganggu dalam mimpi hakikatnya meminta kepada Allah kekuatan kepada Nafs kita untuk bisa bertemu dan berperang dengan jin yg mengganggu dialam mimpi.
Fenomena menarik banyaknya kasus pasien yang merasa dirinya di suatu tempat, disiksa, disakiti , dipenjara oleh jin hakikatnya Nafs telah dibelenggu oleh jin.
Begitu juga pasien merasa masuk dalam suatu istana lalu dipaksa menikah oleh makhluk ghoib hakikatnya nafsnya yang dipaksa oleh jin.
Pasien yang suka melihat penampakan jin, hakikatnya nafsnya yang melihat sebab nafsnya dalam keadaan diganggu jin.
Pasien melihat wujud benda sihir yang menancap kulit tubuhnya atau dalam tubuhnya hakikatnya nafsnya yang melihat.
Pasien yg merasakan benda sihir berada didekatnya atau bisa mendeteksinya hakikatnya nafsnya yang melihat.
Wallahu a'lam........ cukup saya bahas takutnya jadi kontroversi lagi
Bahasan Beda antara Ruh dan Nafs lihat di http://www.quranic-healing.com/2014/11/perbedaan-antara-ruh-dan-nafs_64.html

Perdana Akhmad, S.Psi

Seorang Praktisi Ruqyah yang (Dengan Idzin Allah SWT) Akan Membagi Ilmu dan Seni Pendayagunaan Energi Ruqyah Keseluruh Umat Islam NO.Telp:081379666696 Pin BlackBerry : 2A22C8EA

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak