Dikisahkan oleh :

Muhammad Laqimuddin
(Peraktisi Quranic Healing)
Kabar tentang burung hantu jadi-jadian yg muncul disetiap malam, semakin ramai diperbincangkan, disetiap rumah, diwarung, dipos ronda, disawah, diempang, bahkan sudah menyebrang kebeberapa desa tetangga.. konon menurut cerita para saksi burung ini sering muncul dan bertengger diatap rumah orang hamil, atau dibatang pohon yg menghadap rumah orang hamil, selain itu burung ini juga sering muncul dan berjalan-jalan diteras rumah penduduk, dan yg lebih anehnya lagi burung ini pernah muncul dan menghampiri kerumunan warga yg sedang ngobrol-ngobrol diteras rumah, tapi begitu hendak ditangkap burung itu langsung terbang dengan meninggalkan kesan misteri pada warga..

Suasana setiap malam semakin mencekam beraneka asumsi warga semakin tidak karuan berseliweran, yg jelas intinya ini adalah burung jadi-jadian mungkin ada salah seorang warga dikampung kami ada yg sedang menjalankan pesugihan.

Keamanan desa semakin ditingkatkan puluhan pemuda dikerahkan untuk berjaga-jaga atau berkeliling desa dengan senjata seadanya, batu, kayu, besi, golok, sampai ada yg menenteng bedil angin.. pemuda dibagi dua kelompok, kelompok prtama yg diketuai seorang ustad berjaga diluar kampung, sementara saya bergabung dalam kelompok kedua yg berjaga didalam kampung, dan senjata yg saya bawa adalah kamera poket merek canon 12 M.

malam semakin mencekam dibalik kegelapan bayang-bayang pepohonan puluhan pasang mata mulai berkeliaran menembus kegelapan diantara ranting pepohonan dan atap-atap rumah warga berharap sang buruan ada diantara tempat-tempat itu, kami semua duduk mengintai tampa ada yg bersuara.. Benar saja tiba-tiba dari arah pemakaman berkelebat persis di atas kepala saya sosok putih besar sebesar bebek menerobos kegelapan menuju arah pemukiman warga, Blek,, blek,, blek,, suaranya berat sekali tapi bikin bulu kuduk merinding.. posisi saya saat itu duduk dibawah tiang listrik bersembunyi dibawah bayangannya.. persis diatas kepala saya diatas kabel utama tiang listrik burung itu hinggap dan bertengger, suara bisik bisik dari teman-teman yg lain mulai terdengar ditelinga saya yg kebetulan posisi persembunyian mereka agak jauh dari saya.. kamera sengaja saya seting menggunakan efek malam, perlahan-lahan saya berdiri membidik burung itu, klik,, pijaran lampu dari kamera saya menerangi sekitar burung itu, tampak jelas matanya yg tajam menatap saya dan wajahnya yg kelihatan semakin putih akibat cahaya terkesan horor banget, bidikan yg kedua saya lakukan tapi sayang burung itu keburu terbang meninggalkan saya.. suara gaduh mulai bersahutan dari teman-teman yg lain mereka menghampiri dan memprotes saya, kenapa harus dipoto?.. jadi kabur kan burungnya?.. coba kalau ditembak mungkin burung itu sudah mati.. saya cuma tersenyum menanggapi sikap mereka, "saya inikan wartawan, jadi dilarang membunuh, meskipun musuh sudah ada didepan mata, tugas saya cuma meliput,,.

Dengan rasa kecewa teman-teman meninggalkan saya berlari mengejar kearah burung itu terbang.. suara gaduh teriakan mengundang kelompok pertama yg berada diluar kampung, suasana makin rame tapi mencekam.. sudah 1 jam berkeliling ternyata belum ketemu juga jejak sang buruan.. ahirnya kembali semua pasukan dalam posisi semula diam bersembunyi dibalik kegelapan.. hening....

Blek,, blek,, blek,, setelah 30 menit menunggu kembali suara itu terdengar dari arah selatan.. dan kembali nangkring ditempat tadi saya mengambil gambar, saya kembali mencoba membidik tapi tiba-tiba saya ditarik teman saya, ''tolong jangan bikin buruan kita kabur lagi, sekarang mendingan kita tembak,, saya menuruti kata-kata mereka tapi kamera tetap standby, buat jaga-jaga..

Kali ini yg pegang bedil bukan orang yg malam-malam sebelumnya, karena sudah berkali-kali burung itu ditembak tapi meleset terus, jadi ponakan saya yg satu ini baru ikut gabung berburu cuma malam ini saja.. sang jago tembak mulai membidik, "tar!!!,, burung itu diam saja tapi ketika hendak ditembak ulang burung itu tiba-tiba tergantung dengan kaki diatas mencengkram kabel.. suara sorak bergemuruh laksana perang sudah berahir dengan membawa kemenangan,, saya langsung membidik burung yg tergantung dikabel tiang listrik itu, hingga melayang dan ahirnya menukik kebawah dan terkapar ditanah, kasihan sekali nasibmu burung..

mendengar teriakan kemerdekaan yg terus bersahutan ahirnya mengundang penasaran warga yg ada didalam rumah, ahirnya tak sedikit warga yg keluar dan ingin melihat rupa sang burung hantu misteri yg bikin heboh itu.. semua pasukan saya suruh baris dengan masing-masing menunjukan senjatanya, sementara burung yg sudah mati itu dipegang dan direntangkan didepan pasukan lalu saya poto, "klik, sungguh gambarnya bagus banget, karena kejadiannya sudah 4 tahun jadi ketika saya cari-cari filenya untuk bukti tulisan ini, ga ketemu-temu juga..

Esoknya berita tentang kemenangan mulai tersebar bahkan dgn cepat hingga kedesa sebelah.. poto-poto langsung saya cetak dan saya tempel diluar supaya bisa dilihat setiap orang.. bersamaan dengan itu saya beritakan kepada warga analisa saya tentang burung hantu jadi-jadian itu..

Burung itu burung hantu biasa, kebetulan pada minggu-minggu terahir ini burung itu sedang melepaskan anak-anaknya yg baru belajar terbang dan mencari makan sendiri, maka jangan heran kalau burung-burung itu muncul enggak mengenal tempat dan waktu karena mereka belum tahu dimana lokasi-lokasi yg mengandung banyak makanan bagi mereka, oleh sebab itulah seolah mereka ada dimana-mana karena jumlah mereka bukan cuma satu, sedangkan yg paling besar itu adalah induknya yg mungkin sedang mengawasi anak-anaknya.. jadi itu bukanlah burung jadi-jadian..

Alhamdulillah setelah misteri terbuka, pada malam-malam berikutnya meskipun ada lagi burung hantu yg lewat tapi sudah dicuekin, kasihan deh lo burung, emang enak dicuekin..

Post a comment

  1. :d: :k: hahahaha kutu kupret...bacanya sampai bulu kudu berdiri, dan amat serius,.....eh gara gara burung...geger dunia..gara-gara burung istri hamil 9 bulan..wkwkwkwkw..tulisan yang bagus.

    ReplyDelete
  2. aan the master bogor8 August 2012 at 13:39

    mantap niy ceritanya, kirain emang burung siluman. tapi mantap juga ni akhirnya saya menemukan web blog yg bahas tentang sihir, jin, hipnotis, dan ilmu2 setan lainnya.

    banyak orang yg ngaku ilmunya murni tanpa jin, tapi setelah dibuktikan ternyata pake jin.

    cara membedakan orang tersebut pake jin atau tidak sebenarnya mudah. ajak ruqyah saja, berani tidak mereka?

    kebanyakan mereka takut karena takut ilmunya hilang

    ReplyDelete
  3. burung2 itu bertasbih kepada Allah dengan caranya masing2. Zhalim anda. Tanpa ilmu telah membunuh, atau membiarkan orang lain membunuh binatang lantara satu sifat: Jahlun.

    ReplyDelete
  4. Semoga Allah mengampuni dosa-dosa saya, karena telah membiarkan burung itu terbunuh, yg pada saat itu saya hanya berfikir bagaimana caranya menghentikan kecemasan warga, menghentikan isu horor, menghentikan fitnah bahwa ada seorang warga yg dicurigai melakukan pesugihan, sekaligus menghentikan perburuan pada teman-temannya burung yg lain, selain akan lebih banyak burung yg terbunuh, juga waktu dan tenaga banyak yg terbuang sia-sia. tapi dengan matinya burung itu adalah jawaban bagi mereka, karena kalau burung itu burung jadi-jadian, itu diyakini akan berubah jadi manusia, atau besoknya ada orang yg akan mencari, atau burung itu akan menghilang saat ditembak. dan lagi penjelasan dengan kata-kata dan nasihat sudah tidak berpengaruh.. jadi kalau dengan mebiarkan burung itu ditembak wrga, saya berdosa, meskipun kalau saya larang burung itu tetap akan ditembak juga.. maka semoga Allah swt mengampuni dosa atas kedangkalan ilmu saya ini, sehingga tidak memiliki kemampuan untuk mencari solusi yg lebih baik..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ndak apa-apa..cuman kasihan aja binatang sering jadi korban tapi udah nasib binatang tersebut

      Delete
    2. iya dari awal sampai akhir aku sedih aja, burung jadi hewan perburuan. kasihan :(..

      Delete
  5. tanggapan :
    burung2 itu bertasbih kepada Allah dengan caranya masing2. Zhalim anda. Tanpa ilmu telah membunuh, atau membiarkan orang lain membunuh binatang lantara satu sifat: Jahlun.

    jawab :

    adakah nasihat yang baik tanpa memvonis dan melabeli seseorang jahlun tanpa antum bertabayun terlebih dahulu???

    ReplyDelete
  6. Om...nggak cerita sekalian tentang si celeng atau si jaran..biar pada serius membacanya. biar pada mikir tentang si babi ngepet..atau si jaran goyang.. btw..cekidot....wkwkwkwk. lumayan buat ngilangin stress kaya orang jawa yang ditanya tentang calon presiden th 2014... jawabanya : Presiden kulo ical...wkwkwkwk

    ReplyDelete
  7. Bener-bener keren ceritanya...
    udah serius bacanya ternyata... :D

    ReplyDelete
  8. terimakasih atas informasinya :)

    ReplyDelete
  9. dimana ada yang bagus informasinya pasti ada yang tidak bagus nya informasinya ...

    ReplyDelete
  10. huuuhhhh... dasarrrrrr kupret lu

    ReplyDelete
  11. zholim..! Kalian ini Khalifah Allah fil Ardl, beginikah akhlak kalian kepada makhluk Allah..? apa kalian siap mempertanggungjawabkan dihadapan Allah kelak..?

    ReplyDelete
  12. semua mahluk yg ada di antara manusia diciptakan untuk membantu, menjaga, menolong manusia begitu juga sebaliknya misalnya burung tertentu akan berkicau berarti 15 menit lagi akan hujan, karena semua mahluk mempunyai kemampuan dan kelebihannya masing masing, begitu juga dgn burung hantu memang sudah begitu kemampuan matanya tidak bisa melihat di area terang makanya lebih aktive dimalam hari, beberapa daerah di indonesia percaya burung hantu adalah penjaga dimalam hari ada juga mitos: burung hantu akan berkicau apabila kejadian buruk akan terjadi, but tungu dulu bro positive thinking dunk, mungkin burung hantu mempunyai kemampuan membaca masa depan dan memberikan tanda peringatan kepada mahluk lain, mungkin ini hanya mitos tapi kita harus berpikir positif bahwa semua mahluk diciptakan untuk saling membantu dan semua mahluk di lindungi dan di kontrol oleh pencipta , terakhir: kita bisa mengambil opsi1 bahwa mahluk itu memang dimasuki mahluk jahat dan berupaya untuk mencelakai kita ATAU opsi2 bahwa burung hantu mempunyai anugerah yg diberikan oleh Sang Pencipta untuk memberi peringatan (awas,hati hati, jangan,berbahaya dengan kicauannya)

    ReplyDelete
  13. kirain burung hantu beneran :)

    ReplyDelete
  14. semua yang terjadi adalah kehendak Allah. Allah yg menggerakkan hati mereka utk menembak si burhan. Dan kejadian ini nantinya menjadi pelajaran bagi kita semua.
    _ amir _

    ReplyDelete
  15. :) asik penceritaan ya,, mantap.
    dan kisah semacam ini emang udah indonesia banget,,

    saya pun punya kisah pula yang semacam ini,, cuma saya nya yang kurang pinter cerita :D

    kisahnya dari sebuah desa kecil di jawa, sering muncul suara2 arwah yang menangis,,

    yang mana setelah saya selidiki,,, ternyata suara itu bukanlah suara arwah2 yang menangis, tapi suara kendaraan yang terpantulkan sedemikian rupa, hingga menyerupai suara2 ganjil.

    taunya karena,,, tiap2 kendaraan lewat, suara menggidikkan itu datang, saat kendarannya udah pergi, suara nya juga ilang, kalo kendaraan yang lewat dua/lebih, suara menggidikkannya bertumpuk.

    :D ... tapi sebelum di ketahui,, team penangkap setan yang sering muncul di tv itu, udah dapet job duluan. dan yaahhh,,, gayanya sama aja,,, tu "arwah" di masukin botol.

    ReplyDelete
  16. bikin kacau balau aja ceritanya...

    ReplyDelete
  17. sy kira seram trnyata...hehehe :-D

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete